memulai usaha ternak ayam pejantan

usaha ternak ayam pejantan

ternak ayam pejantan

Usaha ternak ayam pejantan – Ayam pejantan merupakan limbah dari pembibitan ayam ras petelur. produk utama pembibitan ayam ras petelur ada DOC betina (warna kemerahan) sedang DOC jantan adalah limbahnya. Saat ini ayam jantan sudah mulai di kembangkan Sebagian peternak layer ada yang mengembangkan ayam pejantan ini sebagai tambahan pendapatan ketika kandang untuk pembesaran layer sudah kosong. Ada pula yang berkonsentrasi khusus untuk ternak ayam pejantan. Ayam pejantan emmiliki nilai lebih tersendiri, tekstur daging yang lebih padat dibanding jenis ayam pedaging lainnya menjadikan ayam jantan memiliki pangsa pasar tersendiri. Perlu juga diketahui bahwa harga jual ayam pejantan ini lebih mahal dari ayam pedaging. Karena ayam pejantan ini biasanya juga di jadikan pengganti ayam kampung oleh warung-warung makanan. Hal inilah yang menjadikan peluang usaha ternak ayam pejantan memiliki potensi yang cukup bagus.

Usaha ternak ayam pejantan, untuk teknik perawatan ayam pejantan ini lebih mudah dari pada ayam pedaging, karena daya tahan terhadap penyakit lebih baik dari ayam pedaging. Untuk teknik pembesaran ayam pejantan hampir sama dengan teknik pembesaran ayam pedaging. Pakan untuk ayam pejantan juga sama dengan ayam pedaging yaitu menggunakan BR1 atau jenis pakan untuk fase starter. Masa pemeliharaan ayam pejantan pada umur 60 hari sudah dapat dipanen dengan bobot rata-rata 0,8 ons – 1kg.

Beberapa hal yang harus diketahui sebelum memulai usaha ternak ayam pejantan :

  • SUHU adalah salah satu faktor yg mempengaruhi dlm keberhasilan dlm berternak ayam pejantan.standar suhunya sebagai berikut, 1-4hr=32-35c, 5-8hr=31-34c, 9-12hr=30-33c, 13-16hr=29-32c, 17-panen=29-30c. *.
  • KELEMBAPAN, Standar kelembapan 60-70%. *.CAHAYA. Untuk siang hari kandang tak perlu penyinaran dari lampu,kusus malam dibutuhkan penyinaran dg lampu.usahakan penyinaran merata dan jangan terlalu terang apalagi gelap. *.
  • RUANGAN, ruangan berpengaruh dlm kepadatan.kepadatan ayam jantan adalah 1-4hr=100e/m, 5-8hr=85e/m, 9-12hr=70e/m, 13-16hr=55e/m, 17-20hr=40e/m, 21-24hr=30e/m, 25-28hr=25e/m,29-35hr=20e/m,36-panen=17e/m. *.
  • ALAS KANDANG, untuk alas kandang gunakan sekam padi dan tambah sekam sebelum sekam basah dan berbau. *.
  • PAKAN DAN MINUM,pakan minum jangan sampai kering dan cuci tempat minum 2 kali sehari. *. SEMPROT, semprot ayam dan kandang 2 kali dlm satu minggu. Demikianlah hal yg harus kita perhatikan dlm berternak.

Untuk beberapa waktu kedepan, usaha ternak ayam pejantan memiliki potensi yang cukup bagus. Ayam pejantan dapat dikatakan sebagai alternatif pengganti ayam kampung. Saat ini sudah banyak warung makan yang menyajikan ayam jantan sebagai hidangan, hal ini dikarenakan belum banyak peternakan ayam kampung yang dikembangkan secara komersial.

sumber:

(http://buka-usaha.com/usaha-ternak-ayam-pejantan)

Leave a Reply